Tim Ahli Nasional Berbagi Tips Sukses Bidang Jaringan Komputer Kepada Mahasiswa STMIK Jabar

Skill yang dapat dimiliki oleh mahasiswa program studi Teknik Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI) tidak terbatas hanya pada dunia ngoding, tapi masih banyak skill komputer lain yang dapat dikuasai, antara lain penguasaan jaringan komputer.

Dengan kemampuan jaringan komputer banyak proyek terbuka untuk mahasiswa tanpa harus menunggu lulus terlebih dahulu. Bahkan beberapa dosen biasanya ada relasi untuk berbagi pekerjaan di bidang komputer untuk skala nasional. Pertanyaannya “Apakah kita sebagai mahasiswa sudah siap menjelajah jaringan komputer ke seluruh wilayah Indonesia?”

Bahkan kesempatan emas itu bukan hanya berlaku bagi mahasiswa saja. Tidak jarang negeri tercinta ini membutuhkan dosen-dosen agar berkenan berbagi ilmu kepada para guru di seluruh penjuru negeri. Sebagai dosen yang memiliki kewajiban bukan hanya mengajar di kelas tapi harus mengabdi kepada masyarakat sudah selayaknya ikut mencerdaskan masyarakat Indonesia walaupun dari Bandung atau Jakarta akan sangat indah bila berkenan berbagi ilmu sampai ke Pontianak, Ambon, Papua, ataupun daerah lainnya walaupun hanya dalam hitungan beberapa hari saja dalam setahun. Pengabdian ini juga menjadi salah satu titik perhatian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Bersama dosen Jaringan Komputer STMIK Jabar, Bapak Solehkun, tim ahli yang biasa mengisi Bimbingan Teknis (BIMTEK) ke seluruh wilayah Indonesia berkenan berbagi tentang jaringan komputer kepada mahasiswa STMIK Jabar pada tanggal 19 April 2021. Mereka berkenan ikut berkontribusi meningkatkan skill mahasiswa dengan harapan dari STMIK Jabar juga akan terlahir para pakar jaringan sebagai generasi penerus penggerak informatika Indonesia.

Mereka berbagi pengalaman karir di bidang jaringan dan juga dasar-dasar jaringan komputer karena keterbatasan waktu. Mereka merupakan tim support Kementerian Pendidikan (Kemdikbud) RI dan Google dalam rangka mensukseskan Bantuan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada para guru SMP di seluruh Indonesia. Antusiasme mahasiswa semakin kuat, ingin segera kuliah normal lagi, ingin segera belajar jaringan lebih dalam lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *