Selamat Atas Sidang Proposal Skripsi STMIK Jabar

Mahasiswa Terjun Langsung ke Masyarakat

Di samping ada kesibukan Dies Natalis STMIK Jabar, mahasiswa tetap harus menyelesaikan kegiatan perkuliahan, salah satunya adalah Sidang Proposal Skripsi pada tanggal 3 Maret 2021. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa akan lebih siap untuk menyusun skripsi di semester 8 nanti dengan lulus tepat waktu dan hasil sangat memuaskan.

Mahasiswa tampak berupaya keluar dari “habit”. Sebagian ada yang menggunakan tema penelitian yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, juga metode pengembangan sistem yang berbeda pula.

Hal ini bagian dari obrolan-obrolan ilmiah santai bahwa penelitian itu bisa berupa:

  1. Kualitas hebat siap lomba
  2. Bermanfaat bagi pengguna (perusahaan atau lembaga)
  3. Unik: belum atau jarang dibuat oleh mahasiswa lain.

Dengan memilih salah satu dari tiga poin di atas, mahasiswa akan mampu menilai potensi diri, ada di mana skill yang dimilikinya?

Yang benar-benar harus mendapatkan perhatian lebih intensif adalah pembuatan karya yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ini kadang dianggap tidak elite, tapi jangan lupa masyarakat menantikan kehadiran karya kita yang benar-benar dapat membantu mempermudah pekerjaan sehari-harinya.

Dengan kata lain, mahasiswa terjun ke lapangan (masyarakat) sangat diperlukan, bukan hanya bermain keyboard di lab. komputer kampus dan pena di atas kertas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *